Temple Grandin

Temple Grandin, kelahiran 29 Agustus 1947 terkenal dengan karyanya merancang pusat peternakan dan penjagalan hewan yang berhasil mengurangi stress pada hewan. Ide ini muncul saat Grandin sedang melakukan survey kuliah ke sebuah peternakan. Disana ia melihat banyak sapi yang stress sebelum disembelih karena perlakuan kasar para pekerja peternakan. Berkat visual memorynya yang baik Grandin juga melihat bahwa perilaku gerakan sapi terpola dan bahwa sapi berkomunikasi satu sama lainnya. Dari bahasa tubuh sapi , ia dapat menangkap perasaan sapi yang stress dan ketakutan karena para pekerja peternakan selalu menggunakan kekerasan untuk menggiring sapi.

Idenya segera mendapat cemoohan dan pelecehan dari para pekerja peternakan. Terlebih lagi melihat penampilannya yang autis, Grandin ditertawakan banyak orang karena mencoba mempelajari bahasa sapi. Namun berkat dorongan ibunya, Grandin kemudian terus melanjutkan risetnya. Hingga ia kemudian membuat rancangan atau blueprint bagaimana seharusnya desain peternakan dan rumah penjagalan yang baik.

Cemoohan para pengusaha peternakan pada akhirnya berubah menjadi kekaguman kepada wanita ini tatkala Grandin menjelaskan bahwa “kalau kita memperhatikan perasaan binatang ternak sebelum disembelih justru hal itu akan menguntungkan perusahaan peternakan dan penjagalan. Berapa banyak hewan ternak yang mati sebelum disembelih karena stress ? Berapa banyak hewan ternak yang sakit sebelum disembelih ? Berapa banyak yang patah kakinya sebelum disembelih ?” Sistem Grandin mengeliminir jumlah hewan ternak yang terbuang percuma.

Semasa kecilnya Grandin sedari kecil didiagnosa autis dan kerusakan otak mulai dari umur 2 tahun. Grandin baru bisa bicara pada saat umur 4 tahun. Grandin tidak punya banyak teman di usia remajanya saat dia SMP dan SMU, ia adalah bahan cemoohan teman-temannya karena autisme yang dideritanya. Walau berbagai kekurangan yang dideritanya ia kemudian berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang animal science di Universitas Urbana Champaign, Illinois USA pada 1989.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.